Streptokokus Oral (Streptokokus mulut)




Sebagian besar streptokokus oral sering dikenal sebagai kelompok viridans (mikroorganisme yang hidup dalam saluran napas bagian atas) yang tidak memiliki kelompok antigen. Mereka biasanya menyebabkan α-hemolisis, beberapa Ƴ-hemolisis juga. Streptococci Oral bertanggung jawab untuk 50-70% dari semua kasus endokarditis bakteri. Asal-usul endokarditis terletak pada invasi sistem vaskular melalui lesi (jaringan yang fungsinya terganggu karena penyakit atau cedera, seperti tumor, ulkus, atau abses) pada mukosa mulut. Sebuah hasil bakteremia sementara. Katup  dikolonisasi dan biofilm dibentuk oleh mikroorganisme ini. Factor predisposisi termasuk cacat jantung bawaan, demam rematik akut, bedah jantung, dan bekas luka katup jantung. Diagnosis laboratorium endokarditis melibatkan isolasi patogen dari kultur darah. Terapi obat endokarditis  dilakukan dengan baik oleh penisilin G sendiri atau dikombinasikan dengan aminoglikosida. (Kebanyakan gentamisin). Aktivitas bakterisida adalah parameter yang menentukan.

 

Streptococcus mutans, Streptococcus sanguis, dan Streptococcus mitis, selain Actinomyces viscosus dan Actinomyces naeslundii yang menyebabkan karies pada gigi (Gambar. 4.6). Streptococcus ini dapat menempel ke protein enamel gigi, di mana mereka kemudian mengkonversi sukrosa menjadi polisakarida ekstraseluler (mutan, dekstran, levan). Zat ini lengket, di mana lapisan bakteri asli bersama dengan koloni bakteri sekunder yang tertanam, membentuk plak gigi. Metabolit akhir dari bakteri terbentuknya plak banyak adalah asam organik yang merusak enamel, sehingga bakteri karies yang berbeda yang memulai menghancurkan dentin.
 


Sumber bacaan: Medical Microbiology

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum: Pembuatan Kombucha

PEMBUATAN WINE (ANGGUR)

KERAGAMAN JENIS BENTHOS DI PERAIRAN WISATA BAHARI DESA TANJUNG TIRAM KECAMATAN MORAMO UTARA KABUPATEN KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA